AIDA-SARI
this site the web

garnish

Kreasi ‘Garnish’
Menggugah Selera Makan

Dekorasi meja prasmanan dengan memperlihatkan keindahan seni kreasi garnish tengah menjadi tren.


ISTIMEWA

MELALUI kreasi dimaksud memberi nilai tersendiri bagi para tamu undangan yang melihatnya. Karena keindahan warna, bentuk, dan sifat-sifat fisik buah serta sayur dapat dikreasikan menjadi berbagai hiasan dekoratif yang unik, menarik, dan memiliki seni tinggi.

“Tata saji buah dan sayuran dapat mempercantik, memikat perhatian, serta merangsang selera makan untuk berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara penting lainnya,” jelas Novriyanda yang akrab dipanggil Nova, pemilik usaha Art and Decoration ‘Chaniagos’ di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Menurut Nova, keunikan, keindahan, dan kandungan nilai seni yang tinggi pada seni ukir buah dan sayur inilah yang membuatnya tertarik untuk menggeluti bidang tersebut. Apalagi dalam membuatnya memiliki teknik tersendiri sehingga bermakna dan mengandung arti.

“Ada buah-buahan yang bisa dibuat hingga memiliki arti sesuai tema resepsi yang diusung. Misalnya, kalau tema laut bisa diambil buah semangka untuk dibentuk seperti ular naga atau ikan. Atau acara yang diadakan di kebun mengambil tema hutan. Nah, itu juga bisa dibuat menjadi seperti burung, singa, atau bebek-bebekan,” ujar wanita cantik yang sehari-harinya mengenakan jilbab ini.

Disebutkan, seni ukir buah dan sayur yang diaplikasikan sebagai hiasan di atas hidangan (garnish) sudah dikenal dan digemari sejak dulu. Seiring perkembangan zaman, seni ukir buah dan sayur ini bertambah fungsinya menjadi hiasan tatanan meja yang unik, dekoratif, dan membuat semarak ruangan.

“Kalau melihat buah atau sayur yang ditata cantik di atas meja pasti menambah semangat makan tamu yang tengah menikmati hidangan. Untuk itu, ukiran buah dan sayuran ini bisa dikatakan sangat fantastik terutama dari segi keindahannya. Harganya berkisar antara Rp5 juta – Rp20 juta per meja,” jelasnya.

Hal serupa diungkapkan Novriyanti, saudara kembar Novriyanda. Menurut dia, teknik mengukir buah dan sayuran bisa dipelajari oleh orang awam sekalipun terutama ibu rumah tangga. Paling tidak, lanjut dia, dengan memelajari teknik mengukir buah atau sayur bisa membuka usaha sendiri dan menambah penghasilan.

“Kami juga sering membuka pelatihan kepada ibu-ibu yang mau ikut perlombaan, misalnya ibu-ibu sekitar RT, ibunya dari teman anak-anak, atau teman yang memang mau mengikuti perlombaan. Kalau memang tidak sempat latihan pun sudah banyak buku-buku yang membahas tentang cara mengukir buah atau sayuran. Paling tidak, dengan petunjuk buku mengukir buah dan sayuran sudah mengenal pengukiran tingkat dasarnya,” jelas wanita cantik berkacamata ini seraya menuturkan, semula seni ini hanya ada di tumpengan yang kerap dipakai di acara-acara selamatan.

Disebutkan, saat ini seni ukiran buah dan sayur memang belum banyak yang menggelutinya. Namun di kalangan atas dan artis sudah banyak yang memakai ukiran buah dan sayuran dalam suatu acara. Bahkan, untuk acara-acara tertentu banyak yang memakai dekorasi meja ukiran buah dan sayur sehingga terlihat unik.

“Memang kebanyakan acara-acara kalangan atas yang menginginkan dekorasi buah dan sayuran sehingga menarik. Tapi banyak juga kalangan menengah yang memakainya,” imbuh wanita yang memulai usahanya itu sejak 2004. O ema


Mempercantik Pesta Pernikahan

DENGAN membuat sendiri kreasi garnish bisa menekan anggaran yang ada. Seperti yang dilakukan Maya, seorang karyawati swasta yang sempat pusing dengan biaya yang dibutuhkan untuk acara resepsi pernikahannya.

“Acara wedding itu banyak tahapannya, mulai dari pranikah sampai hari H pernikahan. Dalam tahapan yang harus dilalui itu membutuhkan anggaran yang sangat besar karena banyak juga keperluannya,” jelas wanita yang menikah pada 2008 ini.

Menurut dia, mulai urusan pelaminan sampai dekorasi meja harus tertata cantik dan indah untuk memberikan kepuasan bagi pengantin dan keluarga besarnya maupun para tamu yang datang. “Tapi kalau disesuaikan dengan impian, dimana dekorasi meja dengan ukiran buah dan sayur harus indah dan mewah, biayanya tentu sangat mahal. Untuk itu salah satu cara, saya meminimalisir anggaran biaya dekorasi ukiran buah dan sayur dengan mengerahkan tenaga saudara yang membuat sendiri kreasi tersebut,” akunya.

Hal senada diungkapkan Rangga, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Depok. Menurut dia, pengeluaran untuk setiap acara terutama pernikahan memang tidaklah sedikit, karenanya harus diperhitungkan dengan matang.

“Biasanya yang paling banyak pengeluaran untuk dekorasi meja. Karena itu bisa kok diminimalisir salah satunya dengan tidak menggunakan event organiser. Tapi meminta bantuan teman yang memiliki keahlian seni dekorasi ukiran buah dan sayuran sehingga membuat hiasan meja tetap cantik,” tuturnya. O ema


Teknik Khusus Mengukir Buah & Sayur

ADA
teknik khusus yang diperlukan dalam mengukir buah atau sayur. Dua hal yang perlu dipelajari, yaitu:

1. Teknik iris gergaji

Yaitu cara memotong yang berulang dengan gerakan panjang dan pendek bervariasi. Contohnya pada saat membuat irisan sayap bebek pada buah melon.

2. Teknik gerakan pensil

Teknik ini menggunakan gerakan seperti menggambar dengan pensil. Gambar pola terlebih dahulu dengan membuat irisan dangkal. Dua macam garis yang penting dalam menggambar yaitu garis lurus dan lengkung.

Setelah diukir, cuci dan rendam buah dalam air dingin. Begitu juga untuk sayuran, wortel, lobak, dan ketimun perlu direndam dalam air dingin agar didapatkan struktur yang lebih kuat, padat, dan segar.

Sementara untuk ukiran besar yang dirakit perlu menggunakan tusuk sate sebagai penguatnya. Namun untuk ukiran yang lebih kecil cukup menggunakan tusuk gigi. Usahakan tusuk sate maupun tusuk gigi tidak terlihat. Ujung tusuk sate dan tusuk gigi harus runcing dan tajam agar tidak merusak bagian bentuk yang akan disambung.

Mengukir juga memerlukan waktu pengerjaan yang cukup dan tidak tergesa-gesa agar hasilnya baik. Buah-buahan yang diukir dapat disimpan lebih dari dua hari karena daya tahan buah lebih kuat daripada sayuran. O ema/berbagai sumber

1 komentar:

dedetea66 mengatakan...

Assalamu alaikum.waduh,,,saya sangat kagum sama Dik Aida,sungguh sangat kreatif yah,saya aja yang kata orang-orang sih sebagai chef,tapi kalo soal garnish,ampun dech nyerah aja,hehehe,oh ya Dik Aida,kalo boleh saya ingin sekali menjadi pollower blognya Dik Aida,boleh dunk?hehehe.oh ya,,kunjungi juga beranda saya,tp harap maklum,soalnya saya ini bloger baru,jadi nggak begitu canggih,hihihi.terimakasih.
dedetea66.blogspot.com

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies