AIDA-SARI
this site the web

Tumpeng Berselada


: Tumpeng Berselada
- [www.kabarindonesia.com]
KabarIndonesia - Tumpeng, jenis makanan yang penuh dengan hiasan yang terdiri dari nasi putih atau nasi kuning, lauk-pauk dan sayur-sayuran, serta dilengkapi dengan berbagai macam hiasan yang terbuat dari buah-buahan atau sayur-sayuran ini merupakan makanan khas orang Jawa.  Biasanya mereka membuat tumpeng sebagai tanda untuk merayakan sesuatu, misalnya Ulang Tahun, Syukuran atau Selamatan. Sebagai salah seorang yang dilahirkan di Jawa dan suka melakukan kegiatan masak-memasak, membuat tumpeng tidaklah terlewatkan oleh saya.  Justru saya membuat tumpeng ini bukannya sejak tinggal di Indonesia, melainkan setelah hijrah ke USA. 

Merupakan tantangan tersendiri dalam membuat tumpeng pertama kalinya, karena beberapa item/bahan tak dapat ditemukan di negara ini.  Untunglah saya membawa bermacam rempah-rempah sebagai kelengkapan bumbu masak.  Variasi dan rasa makanan bagi saya tak ada masalah, karena saya memang suka melakukan variasi dalam resep-resep.  Yang jadi masalah adalah tak adanya daun-daun pisang segar.  Sebagaimana kita ketahui, daun-daun tersebut dibutuhkan selain untuk membuat bentukan kerucut tumpeng, juga sebagai alas dan hiasan dasarnya.

Setelah berpikir beberapa saat, akhirnya saya temukan juga ide bagaimana menggantikan daun-daun pisang segar itu.  Jawabannya adalah daun selada dan topi kerucut yang biasa digunakan untuk perayaan ulang tahun anak-anak.

Dengan mengalasi bagian dalam topi kerucut itu dengan aluminium foil, saya isi topi tersebut dengan nasi kuning.  Setelah saya tekan-tekan nasi tersebut dan terasa telah padat, kemudian baru saya tuangkan di atas talam dan mengangkat topi kerucut tersebut secara pelan-pelan.  Sebelumnya, talam dilapisi dengan daun-daun selada untuk menggantikan daun-daun pisang segar.Seperti tampak pada gambar di atas, anda dapat melihat hasilnya. 

Khusus untuk lauk pauk dan sayur-sayuran atau menu khas pelengkap tumpengnya, anda dapat menggantikannya  sesuai dengan menu selera anda.  Dari tumis kacang polong, sosis dan wortel, sate udang, bacem ayam atau ayam goreng/ayam panggang, rempeyek udang atau jangung muda, rolade ayam, tempe masak cabai hijau atau sambal goreng tempe, sambal goreng teri dan telur, oseng tempe telur puyuh, perkedel kentang, dan sebagainya.  Tentu saja umumnya semua bahan untuk membuat makanan di atas dapat ditemukan di toko-toko Asia atau di market-market di China Town.  Nah, untuk tumpeng di atas, saya mendapatkan bahan-bahannya di supermarket terdekat.  Meskipun terbatas bahan-bahannya, tetapi dengan diolah sedemikian rupa, tak kalah menariknya dengan tumpeng asli orang Jawa.

Tumpeng di atas saya buat sebagai bahan presentasi yang disajikan oleh suami saya beserta rekan-rekan kelompoknya dalam memperkenalkan masakan tradisional Indonesia di VA (Veteran American) Hospital, Coatesville-PA.  Setelah acara presentasi usai, tumpeng pun turut ludes, tak tersisa sedikit pun, demikian juga seladanya.  Mengetahui hal tersebut, rasa capek pun menjadi hilang.  Ternyata orang-orang Amerika menyukai juga Tumpeng orang Jawa ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies